[2024] Most Important eCommerce Metrics You Should Measure To Grow Online Business

Ketika harus membuat keputusan yang tepat untuk pertumbuhan toko online Anda dan meroketnya penjualan Anda, Metrik eCommerce sangat penting. Melacak berbagai metrik bisnis tidak hanya akan menyelamatkan Anda dari kegagalan tetapi juga membantu Anda membawa bisnis Anda ke puncak kesuksesan tertinggi.

eCommerce metrics

Namun, seringkali sangat mudah tersesat di antara ratusan metrik bisnis dan analitik. Terlepas dari apakah Anda baru mengenal dunia eCommerce atau telah menjadi bagian dari bisnis online selama beberapa waktu, angka dan nilai ini dapat membanjiri dan membingungkan Anda. 

Untuk membantu Anda memahami konsep metrik kunci bisnis dan membuat dampak positif jangka panjang pada bisnis online Anda, kami telah membuat daftar metrik eCommerce paling penting. Anda dapat dengan mudah meroketkan penjualan Anda dengan melacak dan mengoptimalkan analitik ini. 

Namun sebelum kita masuk ke daftarnya, Anda perlu memahami apa itu metrik eCommerce dan mengapa metrik tersebut sangat berharga dalam mengembangkan bisnis Anda. Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut? Kemudian terus membaca! 

Apa Metrik eCommerce & Mengapa Penting Untuk Bisnis Anda? 

Setiap terukur, pengukuran yang didefinisikan secara konsisten kinerja situs web bisnis online dikenal sebagai Metrik eCommerce. Metrik ini dapat terdiri dari banyak jenis dan membantu Anda meneliti dan mengembangkan berbagai bagian bisnis Anda. 

Bisnis online yang sukses selalu memperhatikan metrik situs web mereka untuk amati keterlibatan dan interaksi pengguna. Metrik eCommerce dapat menunjukkan produk atau bagian mana yang perlu Anda ambil tindakan segera, rencanakan untuk ditingkatkan di masa mendatang, atau bahkan hapus sama sekali dari toko Anda. Mereka tidak hanya dapat membantu memprediksi kerugian yang akan datang tetapi juga mencegahnya terjadi. Mengelola toko online yang sukses membutuhkan kemampuan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan meningkatkan metrik ini untuk eCommerce.

Tentukan Metrik Yang Penting Bagi Bisnis eCommerce Anda 

Anda pasti bertanya-tanya bagaimana cara mengetahui metrik bisnis mana yang harus dilacak jika ada begitu banyak. Kabar baiknya adalah hanya ada beberapa metrik eCommerce yang penting untuk pertumbuhan bisnis Anda atau secara langsung mewakili keadaan bisnis Anda. Untuk mengetahui indikator eCommerce mana yang paling penting bagi perusahaan Anda, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut:

🎯 Seberapa besar pengaruh toko bisnis online Anda jika metrik tertentu berubah? Misalkan ada kemungkinan bahwa perubahan dalam metrik tertentu, seperti lalu lintas situs web Anda, akan berdampak signifikan pada bisnis Anda. Dalam hal ini, kemungkinan akan menjadi metrik penting untuk toko online Anda. 

🎯 Akankah meningkatkan atau mengerjakan metrik tertentu membawa perusahaan Anda lebih dekat untuk mencapai tujuannya? Tentukan apakah peningkatan dalam metrik tertentu akan membuat situs web bisnis online Anda lebih sukses dan menarik bagi pelanggan Anda. Jika ya, maka itu adalah metrik penting untuk bisnis Anda. 

🎯 Apakah Anda akan melihat perubahan pada metrik lain jika Anda meningkatkan metrik tertentu?  Anda perlu mempertimbangkan metrik yang saling berhubungan dan menentukan mana yang meningkatkan atau berdampak negatif pada yang lain. 

Kami yakin Anda memiliki pemahaman yang baik tentang metrik eCommerce sekarang, jadi mari selami dan lihat metrik eCommerce teratas yang harus Anda ukur untuk mengembangkan bisnis online Anda. 

Metrik eCommerce Teratas yang Perlu Anda Lacak & Optimalkan Untuk Meroketkan Penjualan 

Sebagian besar bisnis yang sukses di seluruh dunia memiliki praktik pelacakan dan pemeriksaan metrik eCommerce secara menyeluruh. Kami telah membuat daftar metrik eCommerce terpenting Anda perlu melacak untuk membantu Anda keluar. Untuk meningkatkan penjualan Anda secara signifikan, Anda harus menyiapkan metrik dan KPI ini setiap saat. 

1) Tingkat Konversi Penjualan 

Metrik eCommerce terpenting yang harus Anda ikuti, terlepas dari seberapa besar atau kecil situs Anda, adalah bisnis Anda Tingkat Konversi Penjualan. Ini adalah persentase yang menentukan jumlah Anda pengunjung situs yang menyelesaikan pembelian mereka dan menjadi pelanggan yang membayar untuk bisnis Anda. Setiap bisnis perlu mempelajari berapa banyak lalu lintas yang dikonversi dan menghasilkan keuntungan. 

👉 Melacak Tingkat Konversi Anda

Untuk menghitung tingkat konversi penjualan perusahaan Anda, Anda perlu menemukan: persentase pembelian pengguna produk kamu.  

[2024] Most Important eCommerce Metrics You Should Measure To Grow Online Business

Jadi, jika Anda memiliki total 100 pengunjung situs web dan sekitar 50 di antaranya membeli produk dari bisnis Anda, tingkat konversi situs Anda adalah 50%.

Di Sini, 

Jumlah pengunjung = 100 

Jumlah konversi = 50 

Jadi, Tingkat Konversi = (50/100) * 100%  = 50%

 Praktik terbaik untuk melacak tingkat konversi adalah dengan menggunakan Google Analytics dan menetapkan tujuan. Untuk memahami cara menyiapkan sasaran Google Analytics Anda, sebaiknya berikan 'Analisis Data eCommerce yang Disempurnakan' sebuah bacaan.

eCommerce metrics

👉 Tingkatkan Tingkat Konversi Penjualan Anda 

Anda dapat dengan cepat meningkatkan tingkat konversi Anda dengan membuat situs Anda lebih menarik dan interaktif. Anda juga dapat memasukkan pemasaran bukti sosial dan Pemasaran FOMO dengan plugin WordPress seperti ReviewX dan PemberitahuanX untuk menambahkan kredibilitas ke situs Anda dan meyakinkan pelanggan Anda untuk melakukan pembelian. 

2) Tingkat Pertumbuhan Lalu Lintas Situs Web

Penting untuk melacak jumlah pengguna yang mengunjungi situs WooCommerce Anda secara teratur. Setelah Anda memahami tingkat konversi eCommerce Anda dan mengambil langkah yang tepat untuk mengoptimalkan metrik ini, Anda harus fokus pada lalu lintas situs web

Anda perlu tahu dari mana pengunjung situs Anda berasal – apakah itu iklan, pemasaran email, pemasaran media sosial, atau strategi lain yang Anda gunakan. Menganalisis lalu lintas situs Anda akan membantu Anda menghitung pendapatan yang Anda dapatkan dari berbagai sumber lalu lintas dan menghasilkan investasi di sektor yang tepat.

Untuk lebih spesifik, beberapa sumber lalu lintas Anda mungkin termasuk: 

Lalu lintas situs web Anda: Melacak jumlah kunjungan per pengguna ke situs web Anda selama periode waktu tertentu. 

Platform media sosial Anda: Bagikan setiap postingan blog dan produk baru di Twitter, LinkedIn, Facebook, Google, dan Pinterest, serta platform media sosial lainnya untuk mendorong calon pembeli. 

Posting blog di situs Anda: Tulis konten yang menarik untuk posting blog Anda. Blog yang menggunakan berbagai taktik SEO pada halaman dapat membantu Anda mendapatkan peringkat lebih tinggi di mesin pencari dan menarik lebih banyak pengunjung ke situs web Anda. Baca blog kami tentang caranya tingkatkan pengalaman pengguna di blog WordPress Anda untuk belajar lebih banyak.  

Google atau mesin pencari lainnya: Ambil langkah-langkah untuk meningkatkan peringkat SEO Anda di mesin pencari. Penting agar posting situs web atau blog Anda muncul di halaman pencarian pertama karena sebagian besar pengguna tidak mengklik setelah halaman pertama. 

👉 Analisis Lalu Lintas Situs Anda

eCommerce metrics

Dengan bantuan dari Google Analytics, Anda dapat menganalisis dan melacak lalu lintas situs web Anda dalam beberapa cara, menggunakan analitik dan tarif yang berbeda. 

Tingkat Pentalan: 

Rasio pentalan adalah persentase yang digunakan untuk melakukan analisis lalu lintas situs web. Ini mewakili persentase pengunjung situs yang meninggalkan (atau, memantul) toko online Anda tanpa mengambil tindakan apa pun. Anda dapat mengukur rasio pentalan toko WooCommerce Anda menggunakan Google Analytics, persamaan matematika, dll. Semakin rendah rasio pentalan Anda, semakin baik untuk situs web Anda. 

Waktu Rata-Rata Di Halaman:  

Ini adalah metrik penting yang digunakan untuk menentukan jumlah rata-rata waktu yang dihabiskan untuk a halaman web tunggal oleh semua pengguna website. Metrik ini tidak mempertimbangkan halaman keluar dan pantulan.

Nilai Halaman: 

Nilai rata-rata halaman yang dikunjungi pengguna sebelum mendarat di halaman tujuan atau menyelesaikan transaksi E-niaga disebut sebagai Nilai Halaman.

eCommerce metrics

👉 Tingkatkan Lalu Lintas Situs Web Anda 

Cara paling efektif untuk peningkatan terbaik dalam lalu lintas situs web Anda meliputi: 

Investasikan lebih banyak di media sosial, kampanye email, dan pemasaran konten untuk meningkatkan upaya pemasaran perusahaan Anda.

📊 Mempertimbangkan iklan bersponsor dan kampanye pemasaran lainnya untuk menargetkan demografis pelanggan yang sesuai jika Anda memiliki anggaran.

📊 Tingkatkan tingkat keterlibatan pengguna, dengan mengidentifikasi dan menyoroti konten yang menurut Anda akan disukai pelanggan. Pamerkan produk eksklusif atau barang obral dengan menyoroti mereka melalui kategori dan slider produk. 

📊 Tingkatkan desain dan kegunaan situs web Anda – buat situs Anda lebih mudah dinavigasi dan gunakan tema dan template yang responsif. Anda juga dapat menggunakan warna-warna cerah dengan tata letak minimalis untuk menarik perhatian pengguna dengan mudah dan menerapkan widget dan tombol interaktif.

3) Nilai Seumur Hidup Pelanggan (CLV)

Berdasarkan Teknologi di Asia, Nilai Seumur Hidup Pelanggan (CLV) adalah jumlah uang yang Anda perkirakan untuk dibelanjakan setiap konsumen untuk produk dan layanan Anda. Metrik khusus ini membantu untuk memahami jumlah total pendapatan yang akan Anda peroleh dari konsumen selama masa hidup pelanggan. Mengetahui berapa banyak yang dapat Anda belanjakan untuk mendapatkan pelanggan dan seberapa jauh Anda harus mempertahankan mereka akan memberi Anda estimasi AOV dan CAC.

eCommerce metrics

👉 Prediksi Nilai Seumur Hidup Pelanggan

Memprediksi dan melacak CLV bisa sedikit rumit. Sementara beberapa rumus membantu Anda memahami nilai seumur hidup pelanggan, Anda dapat gunakan kalkulator ini untuk mempermudah prosesnya. 

Anda juga dapat menganalisis pelanggan bernilai tinggi dan mencari tahu pola pembelian mereka, kemudian meniru sistem dengan pelanggan lain. 

👉 Optimalkan Nilai Seumur Hidup Pelanggan

Untuk meningkatkan CLV, Anda dapat mencoba langkah-langkah berikut:

📊 Dorong pelanggan untuk kembali dengan menawarkan diskon, penawaran khusus, dan kegiatan promosi lainnya.

📊 Mengurangi biaya untuk mendapatkan pelanggan baru (CAC). Anda akan dapat meningkatkan keuntungan dari konsumen individu.

📊 Temukan cara untuk meningkatkan Average Order Value (AOV) Anda. 

4) Metrik Pemasaran Email

eCommerce metrics

Email Pemasaran adalah salah satu strategi yang sangat penting untuk menarik perhatian pengguna situs dan non-pengunjung. Email adalah salah satu alat paling ampuh bagi bisnis online untuk mendorong penjualan berulang. 

👉 Evaluasi Strategi Pemasaran Email Anda

Seperti tingkat pertumbuhan lalu lintas situs web, ada beberapa tingkat dan analitik yang dapat Anda lacak untuk mengevaluasi jumlah penjualan dan pengguna yang Anda dapatkan dari email. Ini termasuk metrik eCommerce berikut: 

Tarif Berlangganan Email (Keikutsertaan):

Tingkat keikutsertaan email mengacu pada persentase pengguna toko WooCommerce Anda yang berlangganan email Anda. 

eCommerce metrics

Tarif Buka Email:

Tingkat terbuka mengukur berapa banyak pelanggan yang membaca email yang Anda kirim. Metrik ini membantu menganalisis seberapa menarik baris subjek dan konten email Anda. 

Email Click-Through-Rates (RKT): 

Metrik ini mengukur berapa banyak pengguna yang mengklik tautan di email Anda. Biasanya diukur untuk menentukan seberapa baik kinerja kampanye email Anda. 

Tarif Berhenti Berlangganan Email (Menyisih): 

Tingkat opt-out email pada dasarnya adalah kebalikan dari opt-in rate – ini menentukan persentase pelanggan yang telah berhenti berlangganan email toko WooCommerce Anda setelah menerima email. 

Anda dapat menggunakan beberapa metode sederhana untuk mengevaluasi tarif pemasaran email Anda:

📊 Menggunakan analitik bawaan di alat pemasaran email Anda, seperti MailChimp

📊 Menggunakan Google Analytics oleh menyiapkan sasaran konversi untuk melacak halaman "terima kasih" keikutsertaan Anda. 

👉 Libatkan Pengguna Dengan Pemasaran Email

Jika Anda memiliki daftar email pengguna situs, Anda dapat dengan mudah terus beri tahu mereka dari semua jenis peningkatan, pembaruan, dan rilis terbaru produk Anda dan buat mereka tetap terlibat dengan bisnis Anda. Selain itu, Anda juga dapat memberi tahu mereka tentang diskon khusus yang pasti akan membawa lebih banyak pengguna ke situs Anda dan meningkatkan penjualan. 

eCommerce metrics

Anda juga dapat meningkatkan strategi pemasaran email Anda dengan menulis lebih banyak baris subjek yang menarik dan menarik yang membuat pengguna tertarik untuk membuka dan membaca email Anda. Tombol ajakan bertindak interaktif juga merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan RKT Anda. 

5) Nilai Pesanan Rata-rata (AOV)

Itu Nilai Pesanan Rata-rata (AOV) metrik membantu menentukan jumlah uang atau harga yang dibelanjakan pelanggan Anda untuk produk dan layanan Anda selama satu kunjungan. Ini adalah metrik penting dalam hal menentukan efektivitas pemasaran. Fitur ini secara langsung berhubungan dengan jumlah total keuntungan yang diperoleh situs Anda dari penggunanya.

👉 Hitung Metrik AOV

Metrik AOV dapat bervariasi dari satu industri ke industri lainnya. Untuk menghitung, Anda dapat menggunakan rumus sederhana ini: 

eCommerce metrics

Kita dapat melihat dari rumus yang diberikan di atas, Average Order Value (AOV) didefinisikan oleh rasio pendapatan yang diperoleh dan jumlah total pesanan. Untuk memahami hal ini, misalkan di bulan Agustus, Anda memiliki total 1000 pesanan yang dilakukan ke toko online Anda. Dan dari penjualan pesanan tersebut, Anda memperoleh pendapatan sebesar $21000. 

Di Sini,

Jumlah pesanan = 1000 

Total pendapatan yang diperoleh = $21000

Jadi, Rasio Konversi = ($21000/100)  = $210

Bisa dibilang, nilai order rata-rata untuk bulan Agustus adalah $210. 

eCommerce metrics

👉 Tingkatkan Bisnis Anda AOV

Cara meningkatkan AOV antara lain:

📊 Tawarkan paket yang lebih besar/paket dengan diskon yang lebih menarik;

📊 Menjual add-on atau layanan dengan pembelian reguler;

📊 Tempatkan paket yang lebih relevan di beranda untuk menarik lebih banyak pelanggan;

📊 Menawarkan pengiriman gratis atau diskon untuk pembelian individu. 

6) Biaya Akuisisi Pelanggan (CAC)

Bagaimana jika Anda menghabiskan lebih banyak uang untuk mendapatkan pelanggan daripada yang dihabiskan orang tersebut di toko Anda? Metrik eCommerce ini, juga dikenal sebagai CAC, membantu menentukan biaya untuk mendapatkan pelanggan dan mencakup semua jenis biaya penjualan dan pemasaran terkait. 

👉 Tentukan CAC Rata-rata Anda

Biaya Akuisisi Pelanggan (CAC) bisnis eCommerce Anda pada dasarnya adalah total pengeluaran yang dilakukan bisnis untuk setiap pelanggan baru. Untuk menghitung CAC, Anda membagi total pengeluaran Anda (biaya penjualan & pemasaran) selama periode tertentu dengan jumlah total pelanggan baru yang diperoleh selama waktu itu. 

eCommerce metrics

Misalkan, jika perusahaan Anda membelanjakan $500 di bulan Agustus dan memperoleh 500 pelanggan baru, kita dapat menghitung untuk melihat,

CAC = $500 / 500 pelanggan

         = $1 per pelanggan

Biaya akuisisi pelanggan Anda harus kurang dari nilai umur konsumen Anda untuk menghasilkan uang. Biaya akuisisi Anda juga idealnya lebih rendah dari Anda nilai pesanan rata-rata (AOV), memungkinkan Anda memperoleh keuntungan dari setiap pelanggan baru.

👉 Turunkan CAC Perusahaan Anda

eCommerce metrics

Ada beberapa metode untuk meningkatkan biaya akuisisi pelanggan bisnis eCommerce, dan ini termasuk: 

📊 Optimalkan lalu lintas situs web dan tingkat konversi

📊 Menggunakan umpan balik dan ulasan pelanggan untuk meningkatkan pengalaman mereka

📊 Rencanakan strategi pemasaran untuk fokus pada pengguna yang memiliki potensi lebih tinggi untuk menjadi pelanggan

7) Tingkat Pengabaian Keranjang (CAR)

Itu tingkat pengabaian keranjang (MOBIL) membandingkan jumlah pengunjung yang menambahkan item ke keranjang belanja mereka tetapi tidak menyelesaikan transaksi dengan jumlah pengunjung yang menyelesaikan pembelian.

👉 Nilai Tingkat Pengabaian Anda

Anda dapat dengan mudah menggunakan rumus yang diberikan di bawah ini untuk mengukur dan menilai bisnis eCommerce khusus ini, CAR.

eCommerce metrics

Penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengabaian rata-rata adalah sekitar 68%. Jika CAR Anda serupa atau lebih tinggi, Anda perlu mempertimbangkan cara untuk segera menurunkan angka tersebut, seperti meningkatkan strategi pembayaran

👉 Yakinkan Pelanggan Anda Untuk Membeli

Ada banyak cara untuk meyakinkan pengguna situs web Anda untuk menyelesaikan pembelian mereka dan menjadi pelanggan yang membayar. Beberapa perubahan paling efektif yang dapat Anda bawa ke dalam strategi toko online Anda adalah: 

📊 Jadikan proses checkout Anda lebih mudah

📊 Kurangi biaya belanja

📊 Kirim email pengingat pengabaian keranjang 

8) Tarif Pelanggan Kembali

Proporsi pelanggan Anda yang telah melakukan setidaknya dua pembelian dalam periode tertentu dikenal sebagai tingkat pengembalian pelanggan. Metrik ini juga merupakan ukuran pengalaman pelanggan Anda dan layanan Anda terhadap mereka. Oleh karena itu, ini merupakan indikasi yang jelas tentang produk atau layanan mana yang perlu Anda tingkatkan dan mana yang menyebabkan masalah. 

👉 Tentukan Tarif Pelanggan Kembali Anda

Tingkat Pelanggan Kembali ditentukan dengan menemukan jumlah total pelanggan yang telah membeli sebelumnya sebagai persentase dari jumlah pelanggan. Mencari tahu tingkat pelanggan kembali Anda sederhana. Anda hanya perlu melacak pelanggan bisnis eCommerce Anda dan mereka yang telah melakukan banyak pembelian dari database Anda. 

👉 Dorong Pelanggan Anda Untuk Membeli Lagi

📊 Pastikan pelanggan Anda mendapatkan pengalaman pengguna terbaik. Anda dapat menyederhanakan prosedur pembelian, mengirimkan produk dan layanan pada waktu yang diharapkan, memberikan diskon, dan banyak lagi. 

📊 Investasikan dengan baik ke dalam kampanye pemasaran Anda dan pastikan untuk membuat pelanggan Anda tetap terlibat di perusahaan Anda. 

📊 Melaksanakan program loyalitas pelanggan, dan dorong mereka untuk kembali untuk menebus hadiah dan diskon. 

📊 Tingkatkan strategi layanan pelanggan Anda. 

9) Skor Promotor Bersih (NPS)

Jika Anda ingin mengurangi churn untuk bisnis eCommerce Anda, Anda harus fokus pada peningkatan pengalaman pengguna pelanggan Anda. Anda dapat dengan mudah mengevaluasi loyalitas pelanggan dan tingkat churn toko Anda, dengan mengawasi Skor Promotor Bersih (NPS) metrik. Ini umumnya dianggap sebagai salah satu metrik eCommerce terpenting yang harus dilacak oleh bisnis mana pun untuk mengembangkan bisnis mereka.

eCommerce metrics

NPS mengukur berapa banyak pelanggan Anda yang bersedia merekomendasikan (mempromosikan) produk Anda dan jasa kepada orang lain. Ini adalah wawasan langsung tentang loyalitas dan kepuasan merek pengguna. 

Untuk mengevaluasi NPS, buat survei dan tanyakan kepada pelanggan Anda seberapa bersedia mereka merekomendasikan produk dari perusahaan Anda kepada teman dan keluarga mereka. Sebaiknya minta mereka untuk menjawab atau memberi peringkat pada skala 0 hingga 10. Kemudian, ambil hasil survei Anda dan pisahkan klien Anda ke dalam tiga kategori: 

Promotor:

Promotor bisnis Anda adalah orang-orang yang memberikan bisnis Anda skor 9-10. Pelanggan setia ini biasanya sangat puas dan dengan senang hati akan mempromosikan produk Anda kepada orang lain. 

Pasif: 

Ini adalah pelanggan yang puas yang tidak cukup antusias untuk mendorong orang lain mengunjungi atau membeli dari toko Anda. Mereka akan menilai bisnis eCommerce Anda tinggi dengan peringkat 7-8; pisahkan mereka dan fokus pada peningkatan pengalaman mereka dan mengubahnya menjadi promotor. 

Penentang:

Dekorator adalah setiap pelanggan yang tarif 6 atau di bawah. Mereka biasanya tidak puas dengan toko Anda dan mungkin mengeluarkan kata-kata negatif dari mulut ke mulut. 

Tindak lanjuti jawaban mereka dengan menanyakan mengapa pengalaman mereka tidak menyenangkan dan bagaimana Anda dapat meningkatkan pengalaman berbelanja mereka di lain waktu. 

👉 Ukur Loyalitas Pelanggan Dengan NPS

Sekarang setelah pelanggan Anda dipisahkan ke dalam kategori sesuai dengan tingkat kepuasan mereka, hitung NPS menggunakan rumus berikut: 

eCommerce metrics
Menurut SPG Consulting, nilai NPS rata-rata adalah 34,3; apa pun di sekitar skor ini berarti bisnis Anda berjalan dengan baik tetapi masih memiliki ruang untuk ditingkatkan. Apa pun di bawah 0 berarti Anda perlu mengevaluasi kembali strategi bisnis Anda dan membuat beberapa perubahan serius. Di sisi lain, nilai apa pun di atas 70 berarti toko eCommerce Anda berkembang pesat!

👉 Dapatkan Pelanggan Anda Untuk Mempromosikan Anda

Untuk meningkatkan NPS Anda, Anda harus terlebih dahulu memahami bagaimana bisnis Anda berdiri dengan konsumen. Mengetahui berapa banyak promotor, pasif, dan pencela yang Anda miliki dan mengambil survei umpan balik mereka adalah langkah pertama yang baik. 

Dari sini, Anda dapat mengambil langkah-langkah berikut: 

Lakukan pemetaan perjalanan pelanggan yang komprehensif untuk mendapatkan gambaran lengkap tentang perilaku konsumen dan menemukan akar masalahnya. 

Buat rencana berbasis pelanggan yang efisien berdasarkan pemetaan perjalanan dan umpan balik pengguna. 

Merumuskan survei dan memaksimalkan tanggapan untuk memahami taktik mana yang berhasil dan mana yang tidak. 

Identifikasi pencela Anda dan ambil tindakan untuk mengubahnya menjadi promotor bisnis Anda. Anda dapat dengan mudah melakukan ini dengan meningkatkan kualitas, menghilangkan masalah dari intinya, melibatkan mereka dengan taktik pemasaran yang tepat, dan memberikan nilai merek secara konstan.

Dorong pasif untuk menjadi promotor. Ada beberapa cara untuk melakukan ini dan salah satu metode tersebut adalah dengan menggunakan ReviewX mengirim pengingat email otomatis kepada konsumen Anda setelah mereka melakukan pembelian. Peringatan email ini akan mengingatkan konsumen Anda untuk meninggalkan ulasan dan memberikan peringkat pada halaman produk Anda.

Tentukan siapa promotor Anda dan hadiahi mereka atas kesetiaan mereka pada bisnis Anda. Anda dapat menawarkan diskon, kode kupon khusus, dan penjualan, atau meminta atau mendorong mereka untuk menjadi duta merek Anda.

9) Tingkat Keterlibatan Media Sosial

Salah satu metrik eCommerce paling mendasar yang harus Anda lacak dan terus tingkatkan sebagai pemilik toko online adalah Tingkat Keterlibatan Media Sosial. Setiap platform media sosial membutuhkan aktivitas dan keterlibatan untuk menciptakan pengalaman merek yang menyenangkan dan interaksi yang bermakna dengan pelanggan baru dan calon pelanggan masa depan. 

Ini sering digunakan untuk mengukur kinerja satu konten di berbagai platform media sosial, seperti Facebook, Indonesia, Instagram, Linkedin, dll, berdasarkan jumlah interaksi yang didapat postingan. Terkadang, ini juga dianggap sebagai ukuran seberapa bagus kampanye pemasaran dalam menjaga keterlibatan audiens dan pelanggan. 

Metrik penting ini membantu untuk memahami bahwa jauh lebih penting untuk dimiliki pengguna yang terlibat dibandingkan dengan sejumlah besar pengikut yang tidak berinteraksi. 

👉 Amati dengan cermat Tingkat Keterlibatan Media Sosial

eCommerce metrics
Tingkat keterlibatan Anda adalah representasi kualitas yang sebenarnya konten Anda dan membantu memvisualisasikan apa yang diharapkan pelanggan dari bisnis online Anda. Oleh karena itu, analisis media sosial yang baik sangat penting untuk mengukur keberhasilan bisnis WooCommerce Anda.

Hari-hari ini, ada beberapa alat analitik online untuk membantu Anda mengukur tingkat keterlibatan media sosial dari berbagai platform. Namun, Anda juga dapat menggunakan rumus yang diberikan di bawah ini untuk perhitungan. 

eCommerce metrics

Namun, sebelum kita dapat menggunakan salah satu alat dan persamaan ini untuk mengukur tingkat keterlibatan media sosial, kita perlu memahami bahwa ada beberapa metode keterlibatan yang berbeda untuk platform media yang berbeda.

Sementara keterlibatan di Facebook diwakili oleh suka, komentar, dan bagikan, itu adalah jumlah retweet dan balasan. Jika bisnis Anda memiliki saluran YouTube sendiri, maka keterlibatan harus diukur berdasarkan jumlah total penayangan yang diterima setiap video. 

Oleh karena itu, Anda harus memahami apa yang diharapkan audiens Anda dan bergantung pada platform yang berbeda ini dan bertindak sesuai dengan itu. 

👉 Tingkatkan Tingkat Keterlibatan Anda

Untuk membawa bisnis Anda ke puncak pertumbuhan dan kesuksesan, Anda perlu memahami audiens Anda dan membangun keterlibatan dan interaksi. Tidak ada batas maksimum keterlibatan yang harus dicapai, sehingga Anda mendapatkan kesempatan untuk terus mengubah metode dan meningkatkannya. 

Ada banyak cara untuk meningkatkan tingkat keterlibatan situs web Anda. Meskipun tidak mungkin untuk membuat daftar semuanya, berikut adalah beberapa teknik yang dapat Anda gunakan. 

Lakukan analisis menyeluruh terhadap audiens Anda untuk mengenal mereka

Buat dan bagikan konten menarik dan berharga secara online yang akan dinikmati audiens Anda

Tahan perhatian pengguna Anda dengan email khusus dan pemasaran media sosial

Bagikan konten interaktif yang akan membuat pengguna memulai percakapan dan membuatnya tetap mengalir

Jadilah kreatif dengan pole, sesi Q/A, kontes, giveaway, dan banyak lagi

Buat konten Anda tetap visual untuk langsung menarik perhatian audiens Anda

Selalu pertahankan tanggapan Anda dengan cepat dan cerdas; pengguna cenderung kehilangan minat pada produk Anda ketika mereka tidak menerima balasan cepat untuk pertanyaan mereka

Posting secara teratur dan berkala untuk memastikan pengguna tidak pernah melewatkan konten Anda – Anda dapat menggunakan plugin WordPress yang bermanfaat seperti SchedulePress untuk secara otomatis membagikan postingan dan konten di media sosial.

Seberapa Sering Anda Harus Mengukur Metrik eCommerce Anda?

Seberapa sering Anda perlu menganalisis metrik eCommerce bergantung pada metrik itu sendiri dan apa yang diwakilinya. 

🗓️ Mingguan: Beberapa metrik harus dipantau setiap minggu untuk memverifikasi bahwa perusahaan Anda dalam kondisi yang baik. Lalu lintas situs web dan keterlibatan media sosial adalah contohnya.

🗓️ Dua minggu sekali ukuran idealnya cocok untuk metrik dengan ukuran sampel yang lebih besar, karena tidak terlalu terpengaruh oleh perubahan dari minggu ke minggu. Nilai pesanan rata-rata (AOV), biaya per akuisisi (CPA), dan pengabaian keranjang belanja adalah contoh metrik eCommerce dua mingguan.

🗓️ Bulanan: Beberapa metrik eCommerce seperti yang terkait dengan pemasaran email dapat diukur setiap bulan karena bergantung pada jumlah lalu lintas situs web dan strategi pemasaran Anda sendiri. 

🗓️ Triwulanan: Metrik eCommerce lainnya dapat dilihat setiap tiga bulan atau setiap tahun. Ini adalah yang paling strategis dan biasanya digunakan untuk mengukur kondisi dan pertumbuhan bisnis Anda secara keseluruhan. 

Ukur Metrik eCommerce Anda dengan Mudah Untuk Menumbuhkan Bisnis Anda

eCommerce metrics

Ada beberapa metrik eCommerce Anda dapat melacak untuk memahami pelanggan Anda dan kemajuan bisnis, tetapi yang disebutkan di atas adalah kuncinya. Setiap toko yang bertujuan untuk mencapai kesuksesan harus fokus pada mereka. Jika Anda menganalisis metrik teratas ini dan melakukan pengukuran yang tepat untuk menyempurnakannya, bisnis Anda pasti akan berkinerja terbaik. 

Kami harap Anda menemukan daftar kami membantu dalam mengembangkan bisnis online Anda. Jika Anda mencoba salah satu metode yang tercantum di atas, beri tahu kami tentang pengalaman Anda dengan berkomentar di bawah; kami akan senang mendengar dari Anda! Untuk mempelajari lebih banyak informasi berharga tentang bisnis online Anda seperti ini, berlangganan blog kami. Anda juga dapat bergabung dengan kami komunitas Facebook yang ramah untuk mengetahui tentang pembaruan terbaru kami.

Picture of Afshana Diya

Afshana Diya

Bagikan Kisah Ini

Wait… Before You Leave

Enter 2025 with BIG savings & a boost to your business.

  • 00Hari
  • 00Jam
  • 00Mnt
  • 00Detik